Sekolah Rumah Mentari

Sekolah Rumah Mentari merupakan komunitas belajar bagi anak-anak di sekitar Kampung Sekepicung, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sejak berdiri lebih dari setahun lalu, Sekolah Rumah Mentari telah membantu 4 siswa menghadapi ujian Paket B setingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan mengurus birokrasi beberapa siswa yang tidak lulus Ujian Akhir Nasional (UAN) SMP agar dapat melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Atas (SMA). Kini, Sekolah Rumah Mentari memiliki 3 siswa aktif setingkat SMP yang berencana mengikuti ujian Paket B, beberapa siswa aktif setingkat SMA yang juga berencana mengikuti ujian Paket C, dan belasan anak Sekolah Dasar (SD) yang sering berkunjung untuk belajar dan bermain. Sekolah Rumah Mentari pun rutin melakukan kegiatan keterampilan bagi anak-anak, seperti membuat lilin, coklat, dan kotak kado.

Sebenarnya, Sekolah Rumah Mentari adalah komunitas sekolah darurat yang dibentuk atas dasar keprihatinan. Beberapa tahun lalu, Desa Ciburial memiliki sekolah setingkat SMP bernama Madrasah Tsanawiyah (Mts.) Al-Huda, sekolah sederhana dengan 3 ruang kelas dan 1 ruang guru yang sekaligus berfungsi sebagai perpustakaan. Sekolah ini sempat menjawab kebutuhan pendidikan anak-anak Desa Ciburial yang mandek karena finansial. Sepeninggal pendiri sekolah Mts. Al-Huda, jumlah siswa berkurang dari tahun ke tahun. Permasalahan internal yayasan pun mulai menggerogoti. Dan pada Agustus 2007, sekolah Mts. Al-Huda bubar.

Beberapa guru mulai khawatir. Dari sebelas siswa Mts. Al-Huda tahun ketiga, hanya 2 yang lolos UAN. Sementara ada beberapa siswa tahun kedua yang masih membutuhkan pendidikan. Guru-guru Mts. Al-Huda pun berinisiatif untuk mengurus alumni Mts. Al-Huda yang tidak lulus UAN, dan menjadikan sebuah rumah untuk menjadi tempat belajar bagi mantan siswa Mts. Al-Huda. Sepanjang perjalanannya, jumlah siswa bertambah, beberapa orang menjadi relawan pengajar, dan lahirlah nama “Sekolah Rumah Mentari” untuk rumah tempat anak-anak belajar.

Beberapa relawan pun menggerakan upaya donasi. Lima alumni Mts. Al-Huda, dan 4 alumni Sekolah Rumah Mentari kini melanjutkan pendidikan SMA dengan bantuan donasi dari sejumlah orang. Sekolah Rumah Mentari pun memiliki perpustakaan mini atas bantuan Bandung International School.

Saat ini, Sekolah Rumah Mentari memiliki kendala sumberdaya relawan pengajar dan pengurus. Jumlah relawan pengajar tidak sebanding dengan siswa-siswa Sekolah Rumah Mentari. Untuk mengatasi kendala ini, Sekolah Rumah Mentari sementara menyiasatinya dengan pengurangan jumlah jam dan hari belajar. Sekolah Rumah Mentari pun membutuhkan tenaga keterampilan yang mampu membimbing anak-anak belajar keterampilan apapun sambil bermain.

Jika ada yang tertarik untuk menjadi relawan dan atau donatur, silakan hubungi kami. Sekolah Rumah Mentari akan sangat berterimakasih.

Informasi kegiatan dan pendaftaran relawan:
M. Arfah D.
Nomor kontak: 085624188452
Email: marfahd@gmail.com

Informasi donasi:
Ima Noor Puspitasari
Nomor kontak: 085722055707 atau 02291647807
Email: ima@pusat.itb.ac.id

Informasi ini tolong disebarkan.

Bandung, 8 April 2009
Salam.

Sekolah Rumah Mentari

Iklan

Satu pemikiran pada “Sekolah Rumah Mentari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s